Rabu, 08 Juli 2015

Tips and tricks for flying with the lowest price

Hi reader,

Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana mendapatkan tiket pesawat dengan harga yang murah. Sedikit sharing aja nih, teman - teman saya selalu iri dan bertanya darimana saya bisa dapat tiket pesawat semurah itu padahal destinasi yang saya tuju rata - rata diluar dari negara Indonesia. I'm not doing a promotion rite now, but all of this happened because of Air Asia so I should give them some credits that they've deserved.

Air Asia sangat terkenal dengan penerbangan low costnya, bahkan sampai saat ini mereka terus mendapatkan awards penerbangan termurah selama 7 tahun berturut - turut, tidak heran bisa terjadi seperti ini karena motto mereka adalah 'now, everyone can fly!'.
Air Asia adalah maskapai penerbangan favorit saya. Low cost, jarang delay, and quiet safety. Mengapa saya bisa bilang safety? Yap, sesungguhnya kepastian safety atau tidaknya hanya Tuhan yang tahu. Tetapi menurut saya walaupun kejadian yang menimpa QZ8501 benar - benar mengguncang saya dan membuat saya takut untuk berpergian menggunakan pesawat lagi, saya tetap tidak bisa memberikan cap kepada Air Asia bahwa mereka maskapai yang buruk. Kalau dilihat dari track record accident mereka, sangat kecil presentase accident-nya jika dibandingkan dengan maskapai lain. Dan saya mengambil kesimpulan, yang membuat semua itu terlihat begitu  menyeramkan adalah media karena medialah yang mengekspos continuously over and over again. So, in my opinion, kejadian QZ8501 adalah musibah yang terjadi dan saya turut berduka cita sedalam - dalamnya atas kejadian yang naas itu dan mengirimkan doa untuk korban dan keluarga yang ditinggalkan.

So, next.....

Saya akan memberikan beberapa sample atau contoh penerbangan saya yang berharga sangat murah meriah:

1. CGK - DPS return only IDR 250k (Air Asia)
2. CGK - SIN return only IDR 550k (Air Asia)
3. CGK - DMK (Bangkok) only IDR 150k (Air Asia)
4. BKK - CGK only IDR 252k (Lion Air)
5. CGK - HKT (Phuket) only IDR 130k (Air Asia)
6. CGK - SIN only IDR 90k (Air Asia)
7. CGK - ICN (Seoul) return only IDR 2800k (Air Asia)
8. CGK - NRT (Tokyo) return only IDR 2600k (Air Asia)

Maaf kalau kurang lengkap karena hanya itu yang kurang lebih saya ingat. Later I will upload the screencapture of all these flight's price.

So, yang terakhir adalah cara mendapatkan tiket semurah yang bisa maskapai berikan ke kita:

Pertama:
Anda harus bisa menjadi orang yang fleksibel dan tidak BM (Banyak Mau). Contoh: Saya harus pergi tanggal segini sampai tanggal segini, pulang harus hari ini dan gabisa hari itu, berangkat harus jam segini dan gabisa jam segitu. Saya coba remind anda, dengan memberikan fakta bahwa maskapai tersebut bukan bisnis milik keluarga anda. Pasti banyak kendala mengenai cuti atau jadwal sekolah anak, tetapi pintar - pintarlah untuk menyiasatinya seperti yang saya lakukan selama ini. Jangan lupa, anda harus siap menunggu tanggal terbang anda selama berbulan - bulan atau bahkan setahun, tapi jangan bersedih karena maskapai memberikan kita kesempatan untuk menabung dan kemudian membuang uang kita di negara orang lain.

Kedua: 
Join member di Air Asia dan berikan tanda centang pada kolom yang menawarkan untuk mengirimi newsletter mereka secara berkelanjutan. Jangan protes kalo banyak email yang masuk, sometimes emailnya memang terlihat kurang penting / spamming, tapi sesekali pasti anda akan mendapatkan jackpot dari email tersebut. Contohnya: anda akan di email sehari sebelum promo diadakan. Maka anda bisa mempersiapkan tanggal dan lain sebagainya untuk persiapan hunting tiket di malam harinya. Join member juga bisa memberikan keuntungan lebih, contohnya mendapatkan big point dan contoh nyata lainnya lagi adalah anda bisa dengan cepat mengisi daftar penumpang yang akan terbang. Pada saat anda sedang hunting, ada suatu kondisi dimana anda akan selalu masuk ke waiting room selama bermenit - menit, dan  setelah bisa masuk dan sampai pada step memasukkan nama - nama penumpang tiba - tiba hang dan masuk ke waiting room yang lamanya berasa ratusan abad kalo sedang hunting. Kalau anda join member, mereka sudah punya data - data penumpang dan automatically kita masuk ke step selanjutnya.
Daftarlah menjadi anggota

 kalau tampilannya seperti ini jangan dicentang agar mendapatkan info promo

Ketiga:
Koneksi internet yang super ngebut sangat amat dibutuhkan pada saat hunting. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, anda akan masuk ke dalam waiting room selama bermenit - menit atau bahkan bisa sampai 1 jam. Pada saat Air Asia mengumumkan adanya promo, pasti semua orang mengunjungi websitenya dan bahkan server mereka pernah down karena terlalu banyak dibuka orang. Maka, cari koneksi internet yang cepat untuk menghindari terlalu lamanya keberadaan anda di waiting room dan secara otomatis andalah yang akan memenangkan perburuan tiket promo tersebut dan mengalahkan kandidat lain yang memiliki koneksi internet lebih buruk dari kita.

Keempat:
Pada saat Air Asia mengirimi anda newsletter satu hari sebelum promo berlangsung, segeralah susun jadwal anda, sesuai periode terbang yang diberikan oleh Air Asia. Jangan lupa membuat back up plan, in case koneksi internet anda tiba-tiba mendadak memburuk. Buat destinasi sebanyak - banyaknya dan buat tanggal sebanyak  - banyaknya. Hindari berangkat di hari Kamis, Jumat, dan Sabtu. Hindari juga pulang di hari Minggu dan Senin.  Jika ada tanggal merah yang beruntun, biasanya Air Asia sudah memperhitungkan dan tidak akan memberikan harga murah pada tanggal tersebut. Bisa saja murah, tapi dengan waktu perjalanan yang sangat lama. Contohnya: Jakarta - Tokyo 14 hari. Tiketnya memang terlihat murah, tapi jadilah traveller yang smart, Bayangkan living cost di Jepang dan anda harus hidup selama 14 hari.

Hindari Pulang di Hari Minggu dan Senin 


 Berangkatlah di Hari Minggu atau Senin

Kelima:
Bukalah tab yang banyak saat promo hunting sedang berlangsung jadi anda bisa memasukan banyak tanggal dan banyak destinasi sehingga semakin banyak juga kesempatan anda mendapatkan tiket promo. Jangan lupa prioritaskan tanggal yang anda inginkan, tapi move on lah apabila tanggal tersebut memang tidak available (eh, curhat? :p)

Keenam:
Siapkan nama - nama penumpang lain selain anda kalau anda belum mendaftarkan nama - nama mereka di account anda. Nama, Tanggal lahir adalah yang paling penting untuk Air Asia, tetapi maskapai lain selain Air Asia selalu akan meminta no. paspor anda sebelum anda booking the ticket. Jadi, kalau ada yang ingin travelling keluar negeri tapi belum punya paspor, cuma Air Asia yang bisa membantu mewujudkan mimpi kalian.Tapi bukan berarti kalian bisa keluar negeri tanpa paspor ya! Kalian harus buat sesudah book ticket dan sebelum jalan ke destinasi tujuan kalian.

Ketujuh:
Jika anda berpergian ke luar negeri, jangan takut untuk transit dalam waktu yang lama. Karena menurut saya, tempat transit yang pernah saya rasakan selama ini terkesan nyaman dan malah pingin terus berada disana karena bandara luar negeri rata - rata berfasilitas sangat lengkap. Bahkan saya pernah rela tidur di bandara demi menghemat uang saya agar tidak perlu saya keluarkan untuk penginapan. Just enjoy your transit time.

Kedelapan:
Copot bagasi dan asuransi yang harus anda beli saat pemesanan tiket. Dari pengalaman yang saya dapatkan, belilah ticket only karena penerbangan promo biasanya membutuhkan waktu lama untuk menunggu tanggal terbang dan takutnya ada halangan untuk terbang pada saat hari H seperti meeting dadakan atau bahkan visa anda ditolak atau kendala lainnya diluar kemauan kita. So, in case kita gabisa pergi, at least hanya uang tiket saja yang hangus. FYI, harga asuransi dan bagasi itu termasuk mahal. Contohnya: CGK - KUL - ICN (Jakarta - Seoul) itu 515k for 20kg and only one way and only baggage. Belum include asuransi loh! Which means we should spent about 1.030k just for baggage. Mahal kan? Kalo saya sih bakal ngena banget di kantong dengan nominal segitu.  Tapi kalau sudah yakin terbang, pergilah ke sales office airasia, beli secara online dengan harga yang sama pada saat pemesanan tiket asal jangan beli di bandara karena harganya naik puluhan persen dari harga pemesanan online.
Klik 'tidak terima kasih' untuk mencopot harga bagasi 

 Klik 'tidak terima kasih' untuk mencopot harga asuransi

Kesembilan:
Jangan pilih fasilitas apapun seperti mobil jemputan, hot seat, etc  yang ditawarkan pada saat pemesanan online, keep click the continue kolom sampai pada tahap akhir pembayaran.
 Jangan klik yang lain selain 'LANJUTKAN'

Kesepuluh:
Pada saat pembayaran saya tidak menyarankan untuk membayar dengan credit card karena fee charges nya yang sangat mahal. Bayarlah dengan klik BCA atau ATM dan bahkan bisa membayar melalui Indomaret. Charge fee nya only 10k kalau belum berubah. (Terakhir saya pesen tiket sih belum berubah ya). Pembayaran dengan ATM, Indomaret atau Klik BCA biasanya diberikan batasan waktu. Pernah saya mendapatkan pengalaman, diberikan waktu 3 jam oleh Air Asia untuk membayar tapi baru 1 jam berlalu pemesanan saya tiba - tiba menghilang. Jadi bayarlah secepat mungkin. Jangan bayar diatas satu jam. Tapi pernah juga ada kejadian saya hanya pesan iseng dan sudah lewat dari 10 jam tapi Air Asia emailed me and told me to pay. Kadang saya pun suka bingung atas ketidak konsistenan ini. Jadi maklumin aja, mungkin dia lelah.

 Hanya 10k charge feenya asal bukan menggunakan Credit Card

Sampai saat ini, semua itulah ilmu yang saya punya. Kalau ada sedikit kesalahan dari saya, please leave a comment and remind me. I'll promise to add more useful informations for my beloved readers.

4 Countries and still counting,
Chintya The Wanderer Junkie


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ask me! Trying my best to give you the most useful information.